Update Berita Terbaru !

Kami jamin email Anda aman!

Selasa, 14 Oktober 2014

KA Bandara Soetta Terintegrasi Setiap Terminal Dan Targetkan Selesai 2016


KA Bandara Soetta
KA Bandara Soetta terintegrasi setiap terminal dan targetkan selesai 2016. Stasiun kereta api di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ditargetkan akan selesai pada 2016 mendatang. Target itu ditetapkan PT Angkasa Pura II setelah menyuntikan dana pinjaman dari Bank Internasional Indonesia (BII). Pembangunan stasiun kereta api Bandara Soekarno-Hatta, nantinya akan mengintegrasikan setiap terminal.

Kebutuhan infrastrukur sangat mendesak diberbagai bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II. Termasuk Bandara Soetta yang ditargetkan pad dua tahun kedepan.

Direktur Pengembangan Kebandarudaraan dan Teknologi PT Angkasa Pura II, Salahudin Rafi di Tangerang, menjelaskan, pembangunan kereta bandara karena terdapat Stasiun KA Integrated Building yang menghubungkan dengan T1, T2 dan intermoda secara terintegrasi.

Ia mengatakan, untuk stasiun kereta api, merupakan Integrated Building setinggi 7 lantai, yang dilengkapi dengan fasilitas parkir berkapasitas 20.000 lot mobil. 

Nantinya, jalur KA Stasiun Tangerang terkoneksi dengan Stasiun KA di Integrated Building Bandara Soekarno - hatta. Sehingga T1, T2, T3 dan Gedung Kargo akan terkoneksi..
Lalu, penumpang yang menggunakan jasa transportasi seperti kereta api, taksi, bus dan moda lainnya akan bertemu di Integrated Building.  Di gedung itu nanti terdapat connecting transportation, yaitu Automated People Mover Systems.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, tidak bisa diselesaikan secara parsial, melainkan harus dilakukan pengembangan secara komprehensif. 
Kamia tidak bisa menunggu. Nanti kelihatan-nya sama dengan jadwal (pembangunan rel KA Jakarta-Bandara) PT KAI, yakni 2016. 

Adapun suntikan dana yang telah digelontorkan BII, kata Tri, merupakan penyediaan fasilitas pinjaman berjangka 10 tahun sebesar Rp1,5 triliun. Jumlah tersebut, menurut Tri, tahap awal dari jumlah yang dibutuhkan sebesar Rp26 triliun untuk Bandara Soetta saja.  

Kebutuhan infrastruktur sedemikian mendesak, contohnya di Terminal 1 dan 2 kapasitasnya dari 22 juta penumpang kini 60 juta. Kita harus mengejar banyak ketertinggalan kita, karena kebutuhan besar kita harus bekerja sama dengan perbankan.

PT Angkasa Pura II, menurutnya, kini tengah melakukan berbagai pengembangan dan pembangunan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, di antaranya adalah Terminal 3 Ultimate yang diproyeksikan sebagai terminal penumpang pesawat tercanggih di Indonesia.

Setelah pembangunan Terminal 3 Ultimate selesai tahun depan, Angkasa Pura II akan melakukan revitalisasi Terminal 1 dan Terminal 2. Adapun nantinya usai pengembangan dan pembangunan terminal-terminal tersebut, kapasitas daya tampung di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi 61 juta penumpang atau naik 177 persen dibandingkan dengan kapasitas sekarang 22 juta penumpang.

Upaya yang dilakukan adalah dengan penambahan sarana dan fasilitas serta penyediaan transportasinya.

Pembangunan lain yang tengah disiapkan di bandara yang meraih predikat The 4th World’s Most Improved Airports dari Skytrax itu adalah integrated building yang terletak di antara Terminal 1 dan Terminal 2.

Integrated building diproyeksikan menjadi gedung one stop service dimana di dalamnya terdapat area komersial, mal, hotel, area parkir, stasiun kereta, serta stasiun automated people mover system yang merupakan alat transportasi khusus di dalam area bandara.

AP II tengah melakukan pembangunan dan pengembangan hampir di seluruh bandara yang dikelolanya. Khusus Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dana yang diperlukan sekitar Rp26 triliun untuk periode 2007 hingga 2020. 

Pembangunan pengembangan Terminal 3 Ultimate di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, saat ini sudah mencapai 60 persen. Pengembangan terminal 3 meliputi penambahan Baggage Handling System (BHS) yakni pendistribusian tas bagasi yang lebih aman menggunakan sistem komputer.


Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →