Update Berita Terbaru !

Kami jamin email Anda aman!

Minggu, 26 Oktober 2014

KAI Purwokerto segera operasikan Kereta Api Kamandaka II

KAI Purwokerto segera operasikan kereta api Kamandaka II. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, segera mengoperasikan KA Kamandaka II jurusan Semarang-Purwokerto dan sebaliknya. 

Pengoperasian KA Kamandaka II ini dilakukan guna memenuhi permintaan masyarakat yang selama ini telah dilayani KA Kamandaka jurusan Purwokerto-Semarang pergi pulang.

KA Kamandaka II akan diberangkatkan dari Stasiun Semarang Tawang menuju Purwokerto pada pagi hari dan diberangkatkan kembali ke Semarang pada sore hari.

KA Kamandaka yang akan disebut KA Kamandaka I, tetap diberangkatkan dari Stasiun Besar Purwokerto menuju Stasiun Semarang Tawang setiap harinya pada pukul 05.00 WIB dan diberangkatkan kembali ke Purwokerto pada pukul 16.15 WIB.

Namun belum ada konfirmasi dari kantor pusat terkait kapan KA Kamandaka II akan mulai dioperasikan termasuk jadwal perjalanannya. Masyarakat berharap KA Kamandaka II dapat segera dioperasikan mengingat animo masyarakat yang selama ini dilayani KA Kamandaka sangat tinggi.

Bahkan tingkat okupansi untuk rute Semarang-Purwokerto lebih tinggi dibandingkan dengan Purwokerto-Semarang karena rata-rata mencapai 860 penumpang atau 134 persen per hari. Tingginya okupansi yang melebihi 100 persen pada KA Kamandaka terjadi karena begitu dinamisnya trayek penumpang yang naik KA itu.

Tingginya animo masyarakat itu terlihat dari tingkat okupansi rata-rata KA Kamandaka untuk rute Purwokerto-Semarang yang mencapai 770 penumpang atau 121 persen per hari. Rencananya akan di tambahkan satu kereta eksekutif berkapasitas 50 tempat duduk pada rangkaian KA Kamandaka yang selama ini hanya membawa enam kereta ekonomi AC, satu kereta makan, dan satu kereta aling-aling. 

Dengan demikian, KA Kamandaka akan membawa satu kereta eksekutif, enam kereta ekonomi AC, satu kereta makan, dan satu kereta aling-aling.

Meskipun kapasitas penumpang tetap dibatasi 100 persen, okupansi riil Kamandaka saat ini lebih tinggi karena banyak penumpang yang turun dan naik di stasiun antara, seperti Slawi, Tegal, Pemalang, dan Pekalongan.

Adapun harga tiket KA Kamandaka untuk kelas ekonomi tetap sebesar Rp70 ribu untuk trayek Purwokerto-Semarang dan sebaliknya, sedangkan kelas eksekutif pada kisaran Rp150 ribu (batas bawah) hingga Rp250 ribu (batas atas).

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →